Sabtu, 20 Agustus 2011

Pemeriksaan Rutin By TP UKS

Deteksi Dini Penyakit, SMP Negeri 3 Tanjung Palas Periksa Kesehatan Siswa
Tanjung Palas_SMP Negeri 3 Tanjung Palas Sabtu (14/5) kemarin menggelar pemeriksaan kesehatan untuk seluruh siswa yang ada di sekolah itu. Pemeriksaan itu sendiri dimaksudkan untuk menciptakan sekolah yang sehat serta untuk mendeteksi dini penyakit yang mungkin ada pada siswa. Kepala sekolah SMP Negri 3 Tanjung Palas Imam Sukoyo, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sekolahnya dalam setiap semesternya (6 bulan sekali). “Pemeriksaan kesehatan siswa ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu tahun,” ungkapnya kapada harian ini. Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan itu sendiri sebagai salah satu langkah untuk menciptakan sekolah yang sehat. “Ini merupakan salah satu program untuk menciptakan sekolah sehat,” lanjutnya.
Lantaran keseriusan sekolah ini, beberapa penghargaan telah diperoleh SMP Negeri 3 Tanjung Palas, dan yang terakhir sekolah ini menjadi sekolah percontohan di Kabupaten Bulungan sebagai sekolah sehat. Sementara itu pemeriksaan kesehatan ini hasil kerjasama Usaha Kesehatan Siswa (UKS) SMP Negri 3 Tanjung dengan UKS Puskesmas Tanjung Palas. Kepala Puskesmas Tanjung Palas, Rustam mengatakan, pada pemeriksaan ini hanya sebatas pemeriksaan dasar terhadap kesehatan siswa, seperti pemeriksaan gizi, kesehatan gigi, kesehatan mata dan telinga. “Pemeriksaan dasar untuk gizi seperti mengukur berat badan dan mengetahui tinggi badan setiap siswa,” ungkap Rustam disela-sela kegiatan. Menurutnya dengan mengetahui berat dan tinggi badan siswa maka akan diketahui kesehatan terkait gizinya.
Sedangkan untuk kesehatan mata tim medis dari puskesmas Tanjung Palas memberikan tes baca, layaknya pemeriksaan penyakit rabun mata. Sedangkan untuk kesehatan gigi yang diperiksa seperti karies serta gigi berlubang. “Setelah nanti diketahui tingkat kesehatan siswa, jika ada hal (penyakit, red) yang serius dan perlu ditindaklanjuti, maka akan kita rujuk ke Puskesmas atau kerumah sakit,” ungkapnya kembali. Disinggung dengan sekolah lain di Tanjung Palas apakah akan dilakukan pemeriksaan kesehatan? Kepala puskesmas Tanjung Palas menjawab akan melakukan pula pada sekolah-sekolah lain di wilayah kerjanya yakni Tanjung Palas dan sekitarnya. “Tergetnya semua sekolah,” tutupnya singkat. (*/din)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar