Sabtu, 20 Agustus 2011

Penjaringan Kesehatan By TP UKS

Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah di SMPN 3 Tanjung Palas

Penjaringan kesehatan anak sekolah merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan siswa sebagai salah satu upaya deteksi dini jika siswa memiliki masalah kesehatan yang perlu ditindaklanjuti lebih serius lagi dengan cara dirujuk ke puskesmas.  Penjaringan anak sekolah merupakan kegiatan lintas program yang melibatkan Program Kesehatan Remaja, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Gizi Kesmas, Kesehatan Gigi Mulut dan Perkesmas.
Kegiatan penjaringan ini merupakan program rutin puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan anak sekolah di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Palas.   Penjaringan anak sekolah kali ini dilaksanakan di SMPN 3 Tanjung Palas  dan tentunya bekerja sama dengan TP UKS SMPN 3 Tanjung Palas dimana salah satu program kerjanya adalah pemeriksaan kesehatan rutin siswa yang diprogram sebanyak 2 kali dalam setahun.

Kegiatan yang dilaksanakan hari sabtu kemarin (14/5) menargetkan penjaringan terhadap seluruh siswa kelas 1 dan 2.  Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi : Pengukuran TB dan BB, pemeriksaan gigi, telinga dan mata.  Tim Puskesmas yang turun kali ini adalah : Pimpus, drg. Ruhiyat (Poli Gigi), Sidik (Kesehatan Remaja), Suliyah (UKS), Ari (Gizi) dan Irmayani (PHN).  Jumlah total siswa yang diperiksa sebanyak 81 orang dan khusus untuk kesehatan gigi sekitar 90% diantaranya direkomendasikan untuk dirujuk dan ditangani lebih lanjut di puskesmas mengingat banyak ditemukan gigi siswa yang kurang sehat (berlubang dan caries).

drg. Ruhiyat sedang memeriksa gigi (depan), 
Irmayani sedang melakukan pemeriksaan mata (belakang)


Sebelum pulang Tim Puskesmas diundang 
makan di kantin sekolah 
(sering-sering aja Pak Imam...hehehe)

Pada senyum nih... (uda kenyang sih... -:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar