Minggu, 15 April 2012

Penanaman 400 Bibit Pohon

Senin, 9 April 2012
SMP 3 Tanam 400 Bibit Pohon



TANJUNG SELOR – Sebagai bentuk kepedulian siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Tanjung Palas terhadap penghijauan di daerah Tanjung Palas, Sabtu (7/4) lalu semua siswa yang belajar di sekolah berpredikat Sekolah Sehat tingkat Provinsi Kalimantan Timur itu melakukan penanaman pohon di tepi sebagian Jalan Padat Karya, serta kiri dan kanan jalan sekolah. Dalam kegiatan yang dibantu para guru ini sendiri, siswa menaman sekira 400 bibit pohon yang terdiri dari jenis Angsana dan Trembesi. Wakil Kepala SMP Negeri 3 Tanjung Palas, Yuli Rahayu menyebutkan, dalam penanaman ini setiap siswa menanam 5 pohon sebagai bentuk dukungan program pemerintah yang mencanangkan One Man Five Tree atau Satu Orang Menanam Lima Pohon. “Jumlah siswa di SMP Negeri 3 Tanjung Palas ada sekira 200 siswa. Jadi, kalau dikalikan 5 maka bibit pohon yang akan ditanam sebanyak 1.000 bibit pohon, dan sebanyak itu kami lakukan secara bertahap. Desember tahun 2011, sudah kami tanam sekira 300 bibit pohon dan hari ini (Sabtu, Red.) sebanyak 400 bibit pohon sisanya akan ditanam lagi,” terang Yuli kepada Radar Tarakan.

Menurutnya, keberadaan pohon-pohon ini sendiri sangat berguna sekali, selain sebagai pohon pelindung juga sebagai antispasi mengurangi pemanasan global yang kini terus disuarakan dunia internasional, termasuk di Indonesia. Kedepannya, diharapkan bibit-bibit pohon ini bisa berkembang dengan baik. Dan tentunya, bibit-bibit pohon itu tidak bisa berkembang dengan baik tanpa ada dukungan dari masyarakat dalam hal merawat dan menjaga bibit-bibit pohon tersebut agar bisa berkembang dengan baik. Karena, kegunaannya tidak hanya untuk siswa tetapi juga untuk masyarakat Bulungan dan Tanjung Palas pada khususnya. “Tapi tidak hanya sekedar merawat, melalui kegiatan ini masyarakat setempat juga bisa termotivasi untuk melakukan hal yang sama minimal menanam di sekitar tempat tinggalnya,” harap yuli di sela penanaman 400 bibit pohon di Jalan Padat Karya.

Terlepas dari itu, kegiatan penanaman pohon ini juga salah satu upaya SMP Negeri 3 Tanjung Palas dalam memenuhi kebutuhan sebagai Sekolah Sehat dan Adiwiyata, yang tahun ini juga masih ikut bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya di Kalimantan Timur dan nasional.(ian/ndy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar