Rabu, 15 Februari 2012

Pemantauan okeh Puskesmas

Rabu, 24 Agustus 2011
Puskesmas Diminta Lebih Aktif Pantau Siswa
Tim Provinsi Nilai 4 Sekolah di Bulungan

TANJUNG SELOR - Selasa kemarin (24/8), tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat provinsi telah melakukan penilaian ke-4 sekolah yang sebelumnya lolos seleksi di tingkat Kabupaten Bulungan. Keempat sekolah tersebut yaitu TK Negeri Pembina 1 Tanjung Selor, SD Negeri 001 Tanjung Palas, SMP Negeri 3 Tanjung Palas, dan SMK Negeri 1 Tanjung Selor.

Kunjungan tim dari provinsi tersebut didampingi Tim UKS Kabupaten di antaranya dari Datu Buyung (Dinas Pendidikan), drg. Bagus (Dinas Kesehatan), dan beberapa anggota UKS kabupaten lainnya.

Rombongan yang dipimpin Nardi ini diawali dari SD Negeri 001 Tanjung Palas. Berikutnya SMP Negeri 3 Tanjung Palas, dilanjutkan ke SMK Negeri 1 Tanjung Selor, dan TK Negeri Pembina I Tanjung Selor. Khusus di SD 001 Tanjung Palas, Nardi mengatakan, sirkulasi udara dan air sangat penting. Selain itu, perlu juga dibuat display tentang berat dan tinggi siswa, sehingga siswa bisa terpantauan minimal 3 bulan sekali.

Menurut Nardi, tidak kalah penting dilakukan berupa peran puskesmas sebagai pembina diharapkan bisa rutin ke sekolah memantau kesehatan siswa.

“Secara general saya cukup puas di SDN 001 Tanjung Palas. Sekolah itu tidak perlu megah atau mewah, tetapi bagaimana siswa dan guru bisa mengelola sekolah itu, terutama soal kebersihannya. Sebab, dengan bersih, siswa bisa sehat. Dengan siswa yang sehat diharapkan keterampilan dan pengetahuan siswa bisa meningkat,” kata Nardi, usai melakukan penilaian mulai dari ruang UKS, WC, kelas, ruang guru maupun halaman sekolah kemarin.

Diberitakan sebelumnya, Datu Buyung menyebutkan dari ke-4 sekolah tersebut, SMP Negeri 3 Tanjung Palas masih diharapkan bisa berprestasi untuk tingkat SLTP. Di samping sekolah lainnya di masing-masing tingkatan. Apalagi mulai tahun ini, UKS Bulungan sudah resmi berdiri yang secara tidak ada nilai tambah dalam penilaian tingkat provinsi tahun ini.(ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar