Rabu, 15 Februari 2012

TDS

Selasa, 20 Desember 2011
Februari 2012, Disdik Gelar TDS


TANJUNG SELOR – Meski Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2011/2012 baru dilaksanakan April 2012 mendatang, namun persiapan sudah mulai dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten dengan berencana menggelar tes daya serap (TDS) pada Februari 2012 mendatang. Untuk mematangkan hal itu, Senin (19/12) kemarin, Disdik menggelar rapat pembentukan tim pembuatan soal TDS bersama seluruh kepala Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Tanjung Selor dan Tanjung Palas.
Kepala Seksi Kurikulum dan Alat Bantu Pendidikan Menengah pada Disdik Kabupaten Bulungan, Jamaluddin mengatakan, telah disepakati TDS untuk SLTP dan sederajat akan dilaksanakan 13 hingga 16 Februari 2012, sedangkan untuk SLTA dan sederajat 20 hingga 23 Februari 2012. “Hari ini (kemarin, red.) kami membahas tim pembuatan soal TDS untuk masing-masing mata pelajaran yang akan masuk dalam UN nanti. Seperti Matematika, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan lainnya. Untuk TDS tahun ini, soal dibuat khusus para guru lokal Bulungan, agar soal yang diberikan ilmu yang pernah diajarkan para guru di Bulungan,” ungkap Jamaluddin ketika ditemui usai rapat yang digelar di ruang laboratorarium Disdik Kabupaten Bulungan, kemarin.
Untuk pembuatan soal SLTP dan sederajat dikoordinir oleh Kepala SMPN 3 Tanjung Palas, Imam Sukoyo. Sementara untuk SMU dan sederajat dikoordinir oleh Kepala SMAN 1 Tanjung Selor, Sukirno sedangkan untuk SMK dikoordinir oleh Kepala SMKN 1 Tanjung Selor, Suriansyah. TDS sendiri sangat penting bagi siswa, selain sebagai uji kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal ujian nasional, hasil TDS juga menjadi tolok ukur bagi guru dan Disdik untuk mengetahui kemampuan siswa, sekaligus evaluasi kemampuan siswa. Harapannya, pada saat UN nanti bisa berhasil seperti tahun-tahun sebelumnya meski belum sampai 100 persen. “TDS ini merupakan salah satu rangkaian persiapan Disdik dan guru menghadapi UN nanti. Selain TDS, setiap sekolah juga diharapkan menggelar remedial, agar hasil di UN nanti bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya.(ian/ndy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar