Rabu, 15 Februari 2012

SSN 2011

Senin, 12 September 2011
Lolos Verifikasi Sekolah Standar Nasional


TANJUNG SELOR - Belum lama ini SMP Negeri 3 Tanjung Palas dipastikan lolos verifikasi persyaratan menjadi sekolah berstandar nasional (SSN) yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Kaltim. Bahkan SMP Negeri 3 Tanjung Palas telah menerima kucuran dana bantuan tahap awal dari pusat sebesar Rp100 juta.

Ini setelah sebelumnya Kepala Sekolah SMPN 3 Tanjung Palas Imam Sukoyo mengikuti workshop delapan standar sekaligus pengajuan proposal. Dana bantuan yang diberikan itu hanya dipergunakan untuk program delapan standar itu. Yakni standar isi, standar proses, standar kompentensi kelulusan, standar penilaian, standar sarana dan prasarana, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar pembiayaan serta standar perngelolaan dalam rangka peningkatan mutu kepala sekolah, guru, siswa, TU, BP, perpustakawan dan laboran.

“Dana bantuan itu hanya diperuntukan kegiatan delapan standar. Dan yang sedang jalan saat ini yaitu, pengembangan sistem informasi manajemen dan dalam waktu dekat akan juga akan dilaksanakan workshop untuk peningkatan guru terutama dalam penilaian kelas,” kata ketua tim pengembangan SSN SMPN 3 Tanjung Palas Burhan Didi Fadli.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya hanya menunggu SK penetapan sebagai SSN. Tapi pada dasarnya SMP Negeri 3 sudah SSN setelah lolos verifikasi lalu. Dimana pada saat verifikasi itu SMP Negeri 3 telah memenuhi syarat untuk menjadi SSN seperti akreditasi sekolah minimal A, hasil Ujian Nasional (UN) rata-rata minimal 6,5, ada sertifikat FLSN, 02SN dan OSN provinsi. Selain itu minimal 20 persen guru sudah bersertifikasi, tidak dibiayai yayasan, rombongan belajar minimal sembilan dan mempunyai jaringan internet serta perpustakaan elektronik.

“Semua persyaratan itu sudah kita penuhi. Bahkan, di atas rata-rata persyaratan yang diberikan. Dan SMPN 3 juga punya nilai plus, karena memiliki penghargaan ditambah beberapa faktor pendukung seperti sekolah piloting, adiwiyata dan lomba sekolah sehat yang selama ini sudah melekat di SMP Negeri 3 Tanjung Palas,” sebut pria yang juga koordinator pengembangan kurikulum SMPN 3 Tanjung Palas ini.

Dia menambahkan sebagai SSN, sekolah akan dibina selama 3 tahun dimana setiap tahun dipastikan mendapat subsidi dana, dan akan dievaluasi ketika sudah sampai 3 tahun nanti. Dan katanya dari 22 sekolah dari 14 kabupaten dan kota di Kaltim yang diverifikasi hanya 6 sekolah yang memenuhi standar nasional. (ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar